Cari Blog Ini

Selasa, Mei 29, 2012

Jawaban Allah tentang Al-Fatihah


Jawaban Allah saat seorang hamba membaca surat al-Fatihah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ﴿١﴾

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿٢﴾
Allah menjawab "Demi keagungan dan kebesaranKu, Aku curahkn nikmtKu kepadamu di dunia dan akhirat”

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ﴿٣﴾
Allah menjawab "rahmatKu untukmu di dunia dan akhirat

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ﴿٤﴾
Allah menjawab AnugerahKu untukmu di dunia dan akhirat

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٥﴾
Allah menjawab "pertolonganKu untukmu di dunia dan akhirat

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾
Allah menjawab "petunjukKu untukmu di dunia dan akhirat

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ
Allah menjawab "syafaat kekasihKu untukmu di dunia dan akhirat

غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ
Allah menjawab "demi kuagungan dan kebesaranKu, Aku akan dekatkn diriKu kepadamu di dunia dan akhirat

وَلَا الضَّآلِّينَ ﴿٧﴾
Allah menjawab "demi keagungan, kebesaran, kemuliaan dan ketinggianKu, Aku tetapkan namamu dalam daftar orng2 yang brbhagia dan aku hapuskan namamu dari daftar orang2 yang celaka



50 keistimewaan wanita


50 KEISTIMEWAAN WANITA

 “Sekadar renungan buat insan yang bergelar wanita. Ketahuilah betapa istimewanya menjadi wanita. Betapa bertuahnya menjadi wanita. Bersyukurlah kerana menjadi wanita. Bacalah risalah ini dengan niat untuk diamalkan dan sampaikan kepada mereka yang lain. Insya Allah.”

 
1.              Doa wanita lebih maqbul daripada lelaki kerana sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulallah s.a.w. akan hal tersebut, jawab baginda: “Ibu lebih penyayang daripada bapa dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.”
2.            Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1,000 orang lelaki yang tidak soleh.
3.             Seorang wanita solehah adalah lebih baik daripada 70 orang wali.
4.            Seorang wanita solehah adalah lebih baik daripada 70 lelaki soleh.
5.             Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya, darjatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah s.w.t. dan orang yang takutkan Allah s.w.t. akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.
6.             Barang siapa yang membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedakah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail a.s.
7.             Tidaklah seorang wanita yang haidh itu, kecuali haidhnya merupakan kifarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidhnya membaca “Alhamdulillahi’alaa Kulli Halin Wa Astaghfirullah Segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku mohon ampun kepada Allah dari segala dosa.”; maka Allah menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui shiratul mustaqim yang aman dari seksa, bahkan AllahTa’ala mengangkatnya ke atas darjat, seperti darjatnya 40 orang mati syahid, apabila dia selalu berzikir kepada Allah selama haidhnya.
8.             Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku (Rasulullah s.a.w.) di dalam syurga.
9.             Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia bersikap ehsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa taqwa serta bertanggung jawab, maka baginya adala syurga.
10.         Daripada Aisyah r.ha. “Barang siapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka merekaakan menjadi penghalang baginya daripada api neraka.”
11.           Syurga itu di bawah telapak kaki ibu.
12.         Apabila memanggil akan engkau dua orang ibubapamu, maka jawablah panggilan ibumu dahulu.
13.          Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
14.         Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, semuanya beristighfar baginya selama mana dia taat kepada suaminya dan meredhainya (serta menjaga sembahyang dan puasanya).
15.          Aisyah r.ha. berkata “Aku bertanya kepada Rasulullah s.a.w. siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita ?” Jawab baginda, “Suaminya” “Siapa pula berhak terhadap lelaki ?” Jawab Rasulullah s.a.w. “Ibunya”.
16.          Seorang wanita yang apabila mengerjakan solat lima waktu, berpuasa wajib sebulan (Ramadhan), memelihara kehormatannya serta taat kepada suaminya, maka pasti akan masuk syurga dari pintu mana saja yang dia kehendaki.
17.          Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah s.w.t. memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu daripada suaminya (10,000 tahun).
18.          Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah s.w.t. mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
19.          Dua rakaat solat dari wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil.
20.       Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang hari.
21.         Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadat pada malam hari.
22.       Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah s.w.t. mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah s.w.t.
23.        Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun solat dan puasa dan setiap kesakitan pada satu uratnya Allah mengurniakan satu pahala haji.
24.       Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia daripada dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.
25.        Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari selepas bersalin, dia akan dikira sebagai mati syahid.
26.        Wanita yang memberi minum susu kepada anaknya daripada badannya (susu badan) akan dapat satu pahala daripada tiap-tiap titik susu yang diberikannya.
27.        Jika wanita menyusui anaknya sampai cukup tempoh (2 1/2 tahun), maka malaikat-malaikat di langit akan khabarkan berita bahawa syurga wajib baginya.
28.        Jika wanita memberi susu badannya kepada anaknya yang menangis, Allah akan memberi pahala satu tahun solat dan puasa.
29.        Wanita yang habiskan malamnya dengan tidur yang tidak selesa kerana menjaga anaknya yang sakit akan mendapat pahala seperti membebaskan 20 orang hamba.
30.        Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari kerana menjaga anak yang sakit akan diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan bila dia hiburkan hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadat.
31.          Apabila seorang wanita mencucikan pakaian suaminya, maka Allah mencatatkan baginya seribu kebaikan, dan mengampuni dua ribu kesalahannya,bahkan segala sesuatu yang disinari sang suria akan meminta keampunan baginya, dan Allah mengangkatkannya seribu darjat untuknya.
32.        Seorang wanita yang solehah lebih baik daripada seribu orang lelaki yang tidak soleh, dan seorang wanita yang melayani suaminya selama seminggu, maka ditutupkan baginya tujuh pintu neraka dan dibukakan baginya lapan pintu syurga, yang dia dapat masuk dari pintu mana saja tanpa dihisab.
33.         Mana-mana wanita yang menunggu suaminya hingga pulanglah ia, disapukan mukanya, dihamparkan duduknya atau menyediakan makan minumnya atau merenung ia pada suaminya atau memegang tangannya, memperelokkan hidangan padanya,memelihara anaknya atau memanfaatkan hartanya pada suaminya kerana mencari keredhaan Allah, maka disunatkan baginya akan tiap-tiap kalimah ucapannya,tiap-tiap langkahnya dan setiap renungannya pada suaminya sebagaimana memerdekakan seorang hamba. Pada hari Qiamat kelak, Allah kurniakan Nur hingga tercengang wanita mukmin semuanya atas kurniaan rahmat itu. Tiada seorang pun yang sampai ke mertabat itu melainkan Nabi-nabi.
34.        Tidakkan putus ganjaran dari Allah kepada seorang isteri yang siang dan malamnya menggembirakan suaminya.
35.         Wanita yang melihat suaminya dengan kasih sayang dan suaminya melihat isterinya dengan kasih sayang akan di pandang Allah dengan penuh rahmat.
36.         Jika wanita melayan suami tanpa khianat akan mendapat pahala 12 tahun solat.
37.         Wanita yang melayan dengan baik suami yang pulang ke rumah di dalam keadaan letih akan medapat pahala jihad.
38.         Jika wanita memicit suami tanpa disuruh akan mendapat pahala 7 tola emas dan jika wanita memicit suami bila disuruh akan mendapat pahala tola perak.
39.         Dari Hazrat Muaz : Mana-mana wanita yang berdiri atas dua kakinya membakar roti untuk suaminya hingga muka dan tangannya kepanasan oleh api,maka diharamkan muka dan tangannya dari bakaran api neraka.
40.       Thabit Al Banani berkata: Seorang wanita dari Bani Israel yang buta sebelah matanya sangat baik khidmatnya kepada suaminya. Apabila ia menghidangkan makanan dihadapan suaminya, dipegangnya pelita sehingga suaminya selesai makan. Pada suatu malam pelitanya kehabisan sumbu, maka diambilnya rambutnya dijadikan sumbu pelita. Pada keesokkannya matanya yang buta telah celik. Allah kurniakan keramat (kemuliaan pada perempuan itu kerana memuliakan dan menghormati suaminya).
41.         Pada suatu ketika di Madinah, Rasulullah s.a.w. keluar mengiringi jenazah. Baginda dapati beberapa orang wanita dalam majlis itu. Baginda lalu bertanya, “Adakah kamu menyembahyangkan mayat ?” Jawab mereka,”Tidak” Sabda Baginda, “Seeloknya kamu sekelian tidak perlu ziarah dan tidak ada pahala bagi kamu. Tetapi tinggallah di rumah dan berkhidmatlah kepada suami nescaya pahalanya sama dengan ibadat-ibadat orang lelaki.
42.       Wanita yang memerah susu binatang dengan ‘Bismillah’ akan didoakan oleh binatang itu dengan doa keberkatan.
43.        Wanita yang menguli tepung gandum dengan ‘Bismillah’, Allah akan berkatkan rezekinya.
44.       Wanita yang menyapu lantai dengan berzikir akan mendapat pahala seperti meyapu lantai di Baitullah.
45.        “Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang mengeluarkan peluh ketika membuat roti, Allah akan mebinakan 7 parit diantara dirinya dengan api neraka, jarak diantara parit itu ialah sejauh langit dan bumi.”
46.        “Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang memintal benang, Allah akan mencatatkan untuknya perbuatan baik sebanyak utus benang yang dibuat dan memadamkan seratus perbuatan jahat.”
47.        “Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang menganyam akan benang dibuatnya, Allah telah menentukan satu tempat khas untuknya di atas takhta di hari akhirat.”
48.        “Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang meminyakkan rambut anaknya, menyikatnya, mencuci pakaian mereka dan mencuci akan diri anaknya itu, Allah akan mencatatkan untuknya pekerjaan baik sebanyak helai rambut mereka dan memadamkan sebanyak itu pula pekerjaan jahat dan menjadikan dirinya kelihatan berseri di mata orang-orang yang memerhatikannya.”
49.        Sabda Nabi s.a.w.: “Ya Fatimah barang mana wanita meminyakkan rambut dan janggut suaminya, memotong misai dan mengerat kukunya, Allah akan memberi minum akan dia dari sungai sungai serta diringankan Allah baginya sakaratul maut dan akan didapatinya kuburnya menjadi sebuah taman daripada taman- taman syurga dan dicatatkan Allah baginya kelepasan dari api neraka dan selamatlah ia melintas Titian Shirat.”

makalah dikotomi paradigma administrasi negara


MAKALAH
PARADIGMA I ADMINISTRASI NEGARA



NAMA KELOMPOK :
1.    MIFTAHUL HUDA                    (0110110412)
2.    VICTORIA DEWI K.                 (0110110432)
3.    WAHYU HIDAYATI                   (0110110408)
4.    ENI KURNIASIH                       (33112615)
5.    NOURMADHITA E. P.               (33112637)
6.    SITI MUZAROH                         (33112620)
7.    RETNO PUTRI P.                        (33112626)
8.    MEY DIANA                               (33112631)


SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI “AAN”
YOGYAKARTA
2012




BAB I PENDAHULUAN

           A.    LATAR BELAKANG
Perjalanan penyelenggaraan peran administrasi publik telah mengalami berbagai macam perkembangan dimulai pada masa sebelum lahirnya konsep negara bangsa hingga lahirnya ilmu modern dari administrasi publik yang hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pergeseran paradigma.
Pergeseran paradigma administrasi publik tersebut, telah membawa implikasi terhadap penyelenggaraan peran administrasi publik khususnya terkait dengan pendekatan yang digunakan dalam pembuatan dan pelaksanaan strategi; pengelolaan organisasi secara internal; serta interaksi antara Administasi Publik dengan politisi, masyarakat dan aktor lainnya.
Implikasi yang demikian tentu saja pada akhirnya akan sangat menentukan corak dan ragam dalam penyelenggaraan pemerintahan dari sebuah negara, termasuk Indonesia. corak dan ragam tersebut akan sangat ditentukan oleh kondisi lokal yang ada di negara tersebut, dalam artian sejauhmana administrasi publik di negara tersebut telah menyesuaikan diri dengan perkembangan paradigma yang ada, serta sejauh mana penyesuaian tersebut dilakukan dengan memperhatikan konteks lokal dan permasalahan yang ada di negara tersebut.
Ilmu Administrasi Negara sebagai suatu kajian ilmu bisa dibilang masih berusia muda dan belum matang sepenuhnya. Baru mulai dibahas atau dianggap sebagai suatu cabang ilmu tersendiri pada awal abad ke 20 sehingga wajar dalam perkembangannya masih mengalami pergantian paradigma yang cukup signifikan dan terkadang paradigma yang baru nampak sebagai reaksi dari paradigma yang lama (yang dalam beberapa kejadian merupakan kebalikan dari paradigma sebelumnya).
Pada awal kemunculannya Administrasi publik disebut sebagai suatu seni. Dalam perkembangannya kemudian administrasi publik dikenal sebagai ilmu administrasi publik. Untuk bisa mendapatkan predikat ilmu, administrasi publik mengalami perjalanan yang sangat panjang dan perubahan-perubahan paradigma.


B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana penempatan administrasi negara yang sebenarnya?
2.      Apa perbedaan antara politik dan administrasi?



BAB II ISI

Waktu yang kami gunakan untuk menandai periode Paradigma Dikotomi Politik/Administrasi adalah dipublikasikannya buku yang ditulis oleh Frank J. Goodnow dan Leonard D. White. Saat itu, seperti tahun-tahun yang digunakan untuk menandai periode selanjutnya dari bidang ini, hanyalah merupakan indicator yang kasar. Di dalam buku Politics and Administration (1900), Goodnow berpendapat bahwa ada dua fungsi yang berbeda dari pemerintah seperti tertulis dalam judul bukunya “Politik”, menurut Goodnow, harus berhubungan dengan kebijaksanaan atau berbagai masalah yang berhubungan dengan tujuan Negara. Sedangkan “Administrasi” harus berkaitan dengan pelaksanaan kebijaksanaan tersebut. Dengan demikian, yang menjadi pembeda adalah pemisahan kekuasaan. Lembaga Legislatif yang kemampuan interpretasinya dibantu oleh lembaga yudikatif dalam mengekspresikan tujuan Negara dan membuat kebijaksanaan , sedangkan badan eksekutif melaksanakan kebijaksanaan itu secara apolitis dan tidak memihak.
Penekanan Paradigma I adalah pada fokus (tempat) di mana administrasi Negara seharusnya berada. Tegasnya, Goodnow dan para pengikutnya berpendapat administrasi Negara seharusnnya memfokuskan diri pada birokrasi pemerintahan. Sedangkan lembaga legislatif dan yudikatif jelas mempunyai kuanta “administrasi”, fungsi dan tanggung jawab utamanya menetapkan pelaksanaan tujuan Negara. Legitimasi konseptual awal dari batasan locus center bidang ini, dan kemudian jadi masalah bagi kalangan akademisi dan praktisi ini dikenal sebagai dikotomi politik/administrasi.
Ungkapan yang menggambarkan perbedaan antara politik dan administrasi ini adalah tidak ada cara bagi anggota partai Republik untuk membangun jalan. Penyebabnya adalah hanya akan ada satu cara yang sah mengembangkan tarmac, yaitu dengan pengaturan rencana secara administratif. Meskipun demikian, ada yang diabaikan dalam pernyataan tersebut, yaitu bahwa sesungguhnya ada cara bagi seorang anggota partai Republik untuk menentukan apakah suatu jalan perlu dibangun, untuk membeli tanah, untuk memindahkan tempat tinggal orang-orang yang kena penggusuran jalan, dan paling jelas ada jalan bagi seorang anggota partai Republik untuk membuat kontrak bagi pembuatan jalan. Demikian juga anggota partai Demokrat, Sosialis, Liberal. Bahkan seorang Anarkis-pun mempunyai cara untuk membuat keputusan-keputusan administratif. Dalam meninjau kembali dikotomi politik/administrasi, Goodnow dan para pengikutnya, paling naïf. Tetapi hal itu akan berlalu sebelum diterapkan sepenuhnya di dalam tingkat administrasi Negara.
Administrasi Negara mendapat perhatian serius dari para sarjana selama periode ini sebagai akibat dari “gerakan pegawai negeri” yang terjadi di universitas-universitas di Amerika pada awal abad ini. Ilmu politik, sebagaimana laporan yang diterbitkan oleh Komisi Pengajaran Pegawai Pemerintah pada Asosiasi Ilmu Politik, memperhatikan latihan bagi persiapan warga Negara yang professional seperti dalam hukum dan jurnalisme, melatih tenaga-tenaga ahli dan mempersiapkan tenaga-tenaga spesialis untuk posisi-posisi/jabatan pemerintahan, serta pendidikan bagi pekerjaan penelitian. Dengan demikian, administrasi Negara jelas merupakan bagian dari ilmu politik. Pada 1912, sebuah komite mengenai latihan bagi pegawai pemerintah ditetapkan di bawah naungan Asosiasi Ilmu Politik Amerika, dan pada 1914, usulannya dengan tinjauan ke masa depan yang luar biasa, yaitu diperlukan suatu sekolah keahlianuntuk mendidik para pegawai administrasi Negara dan diperlukan juga tingkatan-tingkatan teknis untuk keperluan itu. Komite ini mendirikan pusat Lembaga Pengembangan Latihan bagi Pegawai Pemerintah, pada 1914. (pelopor Perhimpunan Amerika bagi Administrasi Negara yang dibentuk pada tahun 1939).
Leonard D. White, Introduction to the Study of Public Administration pada 1926, buku pelajaran pertama yang membahas secara menyeluruh bidang ini. Sebagaimana ditunjukkan oleh Dwight Waldo, buku White tersebut merupakan ciri pokok kemajuan Amerika dan dalam karakter pokok tersebut mencerminkan kepercayaan masyarakat pada bidang ini :
  1. Politik tidak tercampur dengan Administrasi.
  2. Manajemen bisa menjadi bidang study tersendiri.
  3. Administrasi Negara dapat menjadi ilmu yang bebas nilai.
  4. Periode di mana sisi administrasi adalah ekonomi dan efisiensi.

Hasil paradigma I memperkuat pemikiran dikotomi politik/administrasi yang berbeda, dengan menghubungkannya dengan dikotomi nilai/fakta yang berhubungan. Dengan demikian, segala sesuatu yang diteliti/dipelajari dengan cermat oleh para ahli administrasi Negara dalam lembaga eksekutif akan member warna dan legitimasi keilmiahan dan kefaktualan administrasi Negara, sedang study pembuatan kebijakan publik menjadi kajian dari para ahli ilmu politik. Gambaran wilayah kajian antara ilmu administrasi Negara dengan ahli ilmu poltik selama tahap pengorientasian lokus ini dapat dilihat dewasa ini pada universitas-universitas :
  1.  Para ahli ilmu administrasi member kuliah teori organisasi, anggaran belanja (budgeting, kepegawaian.
  2.  Sedang ahli ilmu politik member mata kuliah seperti pemerintahan, perilaku lembaga yudikatif, lembaga kepresidenan, politik Negara dan politik lokal serta proses legislatif.

Demikian juga bidang-bidang yang non Amerika seperti perbandingan politik dan hubungan internasional. Implikasi yang tidak kalah pentingnya dari tahap pemusatan lokus ini adalah tertutupnya administrasi Negara ini dari bidang-bidang lainnya seperti administrasi niaga, yang mempunyai konsekuensi yang patut disayangkan pada waktu bidang ini mencapai keberhasilan dalam usaha mencari wujud organisasi. Terakhir, karena penekanan administrasi Negara pada administrasi dan fakta, dan sumbangannya yang besar para ahli administrasi Negara terhadap lahirnya bidang teori administrasi, maka diletakkanlah dasar bagi penemuan selanjutnya prinsip-prinsip keilmiahan tertentu dari administrasi.




BAB III PENUTUP


C.    KESIMPULAN
Paradigma I administrasi negara ini mementingkan locus, yaitu mengenai tempat di mana administrasi negara seharusnya berada. Di dalam buku Politics and Administration (1900), Goodnow berpendapat bahwa ada dua fungsi yang berbeda dari pemerintah seperti tertulis dalam judul bukunya “Politik”, menurut Goodnow, harus berhubungan dengan kebijaksanaan atau berbagai masalah yang berhubungan dengan tujuan Negara. Sedangkan “Administrasi” harus berkaitan dengan pelaksanaan kebijaksanaan tersebut.
Hasil paradigma I memperkuat pemikiran dikotomi politik/administrasi yang berbeda, dengan menghubungkannya dengan dikotomi nilai/fakta yang berhubungan. Dengan demikian, segala sesuatu yang diteliti/dipelajari dengan cermat oleh para ahli administrasi Negara dalam lembaga eksekutif akan member warna dan legitimasi keilmiahan dan kefaktualan administrasi Negara, sedang study pembuatan kebijakan publik menjadi kajian dari para ahli ilmu politik.



DAFTAR PUSTAKA

Henry,Nicholas.1988.Administrasi Negara dan Masalah-Masalah Kenegaraan.Jakarta Utara:CV.Rajawali.
http://massofa.wordpress.com/2008/01/21/pengantar-ilmu-administrasi-negara-bag-1/

cerita untuk bunda


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,,  ^_^

Kemaren adalah hari di mana syaitan merasuki dan mulai menguasaiku,,,,
Hari di mana mulai timbul rasa yang bercampur, di satu sisi bahagia,,, di satu sisi sedih,,,
Bahagia, ketika bundaku akhirnya punya teman baru yang bisa diajak ngobrol,, tetapi dalam sisi yang lain,, juga merasa sedih,,, entah apa yang ku rasa, cemburukah,,,??? Atau hanya rasa tak ingin kehilangan,,,??? Atau apa yang kurasa,,??? Aku sendiri tidak tahu,,,,

Kemaren bunda berkata kalau bingung berarti sudah bosan mengobrol,,,, itu yang bunda kataka,, padahal tidak,, sama sekali tidak,, terlalu banyak yang ingin kukatakan sehingga menjadikan aku bingung untuk ngomong,,, itu membuat aku sudah kehilangan harapan, harapan untuk bisa menceritakan semuanya,,, kehilangan harapan untuk punya teman lagi, karena satu-satunya bunda yang mau menemaniku, yang mampu menjadikanku menjadi seorang adek, seorang anak, seorang teman, dan juga seorang ayah,, apakah bunda merasakan hal yang sama,, Bunda pernah bilang, jika seseorang itu saling peduli,, maka mereka akan mempunyai rasa yang sama atas karunia Sang Kekasih,,, aku yakin semua yang kurasa sama dengan apa yang dirasakan bunda,,,, tapi kadang aku berpikir apakah ketika seseorang punya teman baru dia akan punya perasaan sedih,,,???? Sepertinya tidak mungkin,,,, ingin sekali aku marah ketika bunda ngomong kayak gitu, tapi, karena rasa takutku lebih besar dari rasa marahku, makanya aku g bisa marah, takut bunda juga arah kepadaku dan meninggalkanku, 

Dalam menjalin suatu hubungan tidak mungkin akan selalu dalam keadaan bahagia,,,, ada juga saat di mana ada saja masalah yang membuat kita sedih, marah, menangis, bahagia dan semua rasa yang bercampur aduk,,, tapi selama ini,, semua masalah itu bisa kita hadapi, masalah yang pada akhirnya membuatku semakin merasa yakin dan nyata bahwa bundaku itu lah yang menentukan kebahagiaan, kesedihan,, dia yang mampu membuatku tertawa, membuatku, tersenyum, menangis, sedih, manyun, membuatku bersemangat, membuatku putus asa, dan semuanya,,,,

Ketika tidak ada masalah ketika kita mengobrol, ketika kita bisa saling mendukung apa yang kita lakukan, aku menjadi semangat, sepertinya semuanya ingin kulakukan, semuanya terlihat begitu mudah,,,, namun, ketika ada rasa saling marah, sedih, melihat bunda sedang ngobrol dengan yang lain,,  aku ingin merasa bahagia,, tapi aku tidak mau munafik, mau menolak, bahwa ada rasa dimana ingin menangis, sedih, patah semangat, malas ngapa-ngapain,,,, aku sangat takut kehilangan dia, g ada orang seperti bundaku,, dan g akan pernah ada,,,

Begitu banyak yang ingin kukatakan tentang bunda,,,

Aku sudah berjanji, dalam suatu sore, bahwa akan kulakukan apapun asal bunda bahagia,,, meskipun harus pergi, meskipun harus menahan sakit, meskipun harus mengorbankan nyawa,, akan kulakukan,,,
Aku masih bingung mau ngomong apa lagi,, aku bukan penyair yang pandai berkata,, itulah aku dengan segala kekuranganku,,, 

Mungkin akan kuceritakan yang lebih banyak suatu saat nanti,,, 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabrakatuh,,, ^_^